Wednesday, December 25, 2013

Penjumlahan Otomatis Di Sql Server 2008


 

Pernah mengalami kebingunan untuk menjumlahkan data menurun secara otomatis ?. Contoh Seperti Tabel Berikut :
Dengan contoh diatas, saya ingin mendapatkan nilai penjumalahan baru dengan nama kolom total. Yang isinya adalah hasil dari penjumalahan dari kolom value, tetapi dengan rumus = total id 1 adalah value 1,
total id 2 adalah [total id 1 + value id 2],
total id 3 adalah [total id 2 + value id 3],
total id 4 adalah [total id 3 + value id 4],
begitu seterusnya sampai total id ke 14 adalah [total id 13 + value id 14].

Saat disuruh membuat laporan dari sebuah program yang mengharuskan menggunakan penjumlahan otomatis secara menurun untuk laporan stock barang. Saya mencoba bertanya ke pada IT senior ditempat saya, mereka hanya menyarankan untuk menggunakan looping. Saat saya mencoba dengan looping, malah mengalami tambah kesulitan. Mungkin memang script saya yang kurang tepat, sehingga saat proses looping berjalan. Proses tersebut malah tidak berhenti.

Kemudian saya coba googling kesana kemari, tidak ada rumus yang seperti saya inginkan. Setelah sekian lama googling, akhirnya dapat juga dari blog tetangga. Tetapi saya lupa mencatat nama blog tersebut, karena di kejar dead line laporan. he he he

Dengan script diatas, saya mendapatkan hasil seperti yang saya inginkan. Berikut gambah hasil tabelnya :


Yang perlu anda ingat, supaya hasil penjumlahannya benar, maka id harus dipastikan sama antara @Table x dan @Tabel z.

No comments:

Post a Comment