Mengenal Fungsi atau Rumus Microsoft Excel
Setelah mengenal Tipe Data Microsoft
Excel, dan bisa memulai menggunakan aplikasi excel sekarang Kita
coba bahas rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau
administrasi perkantoran.
1. Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya
untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya
adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
2. Fungsi Sum
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana
number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan
dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka
rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
3. Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai
tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8
sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
4. Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari
nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau
minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah
;
=MIN(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai
tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range
data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol
Enter.
5. Fungsi Count
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang
kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dihitung
jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data
E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
6. Fungsi Logika IF
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu.
Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai
0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti
berikut:
Lambang Fungsi
= Sama dengan
< Lebih kecil dari
> Lebih besar dari
<= Lebih kecil atau sama dengan
>= Lebih besar atau sama dengan
<> Tidak sama dengan
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), artinya kalau
ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka perintah pada value_if_true
akan dilaksanakan, jika salah, maka perintah pada value_if_false yang
akan dilaksanakan. Perhatikan contoh berikut:
Kolom keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K,
maka keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini
dapat diselesaikan dengan rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”). Pada
rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus
diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh
menggunakan tanda kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa
kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak
perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah
kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))),
hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan
ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT
MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka
bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”. Nah sekarang sudah
paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan
deh supaya tidak lupa.
Cara Menulis Rumus
Excel
Setelah mengenal beberapa rumus excel yang sering digunakan untuk
administrasi diatas, maka sekarang Kita bahas cara menuliskan rumus excel di
area lembar kerja.
Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
- Pada formula bar, ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan
pendek serta angkanya tetap.
Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan
- Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering
berubah.
Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
- Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
- Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
- Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
- Tekan tombol enter
Note : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil
kemungkinan salah ketik alamat sel.
Operator Matematika
yang Sering Digunakan
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap
tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan
fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah
sebagai berikut:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari
operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+)
atau kurang (-). Jika pekerjaan Anda adalah berhubungan dengan data statistik,
maka Anda akan sering menjumpai operator-operator matematika diatas.
Tulisan berikut ini merupakan
terjemahan dari http://www.panzerbasics.com/index_files/97-excel/basic-macros.htm
Sebagai pemrogram VBA pemula, saya perlu mengumpulkan macro yang saya buat atau temukan. Menaruhnya di Internet hanyalah sebuah langkah lanjutan kecil.
Jika anda menjalankan sebuah macro, aksinya tidak bisa dibatalkan. Menggunakan macro yang disediakan di sini adalah urusan anda sendiri.
Camkanlah bahwa macro bisa sangat bermanfaat, namun juga bisa berbahaya jika berasal dari sumber yang tidak dikenal.
Code-code macro dasar berikut ini berasal dari seantero Internet atau dibuat oleh saya sendiri. Oleh karena sangat umum dan dasar, saya tidak mencantumkan sumbernya. Jika seseorang mengenalnya sebagai buatannya dan ingin namanya dicantumkan atau code dihapus, silahkan menghubungi saya.
Macro yang disediakan berikut ini adalah pilihan saya dan bisa digunakan sebagai permulaan atau untuk membantu anda pada proyek-proyek dasar. Gunakan imajinasi anda untuk menyesuaikannya dengan proyek anda, atau lakukan pencarian lebih lanjut di Internet.
Code-code sudah saya coba dan verifikasi untuk dijalankan pada Excel 2007. Harap diingat bahwa kita bisa mencapai suatu tujuan dengan cara yang berbeda.
Macro umumnya dimulai dengan baris: "Sub Name()", dimana Name bisa diganti dengan nama yang ingin anda gunakan. Macro diakhiri dengan baris "End Sub".
Untuk kejelasan dan kemudahan dalam pemakaian yang berbeda, saya tidak mencatumkan baris-baris ini lagi kecuali untuk alasan tertentu.
Jika "Sub" diganti dengan "Function", code akan berjalan sama saja, namun macro tidak tampak pada daftar macro yang tersedia. Kelemahan cara ini adalah function akan tampak dalam daftar function. Jika "Private" ditambahkan sebelum "Sub" atau "Function", macro hanya bisa dipanggil dari module yang sama, dan juga tidak muncul dalam daftar.
Sebagai pemrogram VBA pemula, saya perlu mengumpulkan macro yang saya buat atau temukan. Menaruhnya di Internet hanyalah sebuah langkah lanjutan kecil.
Jika anda menjalankan sebuah macro, aksinya tidak bisa dibatalkan. Menggunakan macro yang disediakan di sini adalah urusan anda sendiri.
Camkanlah bahwa macro bisa sangat bermanfaat, namun juga bisa berbahaya jika berasal dari sumber yang tidak dikenal.
Code-code macro dasar berikut ini berasal dari seantero Internet atau dibuat oleh saya sendiri. Oleh karena sangat umum dan dasar, saya tidak mencantumkan sumbernya. Jika seseorang mengenalnya sebagai buatannya dan ingin namanya dicantumkan atau code dihapus, silahkan menghubungi saya.
Macro yang disediakan berikut ini adalah pilihan saya dan bisa digunakan sebagai permulaan atau untuk membantu anda pada proyek-proyek dasar. Gunakan imajinasi anda untuk menyesuaikannya dengan proyek anda, atau lakukan pencarian lebih lanjut di Internet.
Code-code sudah saya coba dan verifikasi untuk dijalankan pada Excel 2007. Harap diingat bahwa kita bisa mencapai suatu tujuan dengan cara yang berbeda.
Macro umumnya dimulai dengan baris: "Sub Name()", dimana Name bisa diganti dengan nama yang ingin anda gunakan. Macro diakhiri dengan baris "End Sub".
Untuk kejelasan dan kemudahan dalam pemakaian yang berbeda, saya tidak mencatumkan baris-baris ini lagi kecuali untuk alasan tertentu.
Jika "Sub" diganti dengan "Function", code akan berjalan sama saja, namun macro tidak tampak pada daftar macro yang tersedia. Kelemahan cara ini adalah function akan tampak dalam daftar function. Jika "Private" ditambahkan sebelum "Sub" atau "Function", macro hanya bisa dipanggil dari module yang sama, dan juga tidak muncul dalam daftar.
Activate
|
Sub Worksheet_Activate()
MsgBox "Hello" End Sub |
Active Cell, Position
|
myRow = ActiveCell.Row
myCol = ActiveCell.Column MsgBox myRow & "," & myCol |
Active Cell, Selection to far left
|
Selection.End(xlToLeft).Select
OR Range("A" & ActiveCell.Row).Select |
Active Cell in top left of screen
|
With ActiveWindow
.ScrollColumn = ActiveCell.Column .ScrollRow = ActiveCell.Row End With |
Active Cell, Value
|
MsgBox ActiveCell.Value
|
Auto Run
|
Sub Auto_Open()
MsgBox "Hello" End Sub |
Auto Run(2)
|
Sub Workbook_Open()
MsgBox "Hello" End Sub |
Auto Save
|
This workbook: ' = Autorun
Sub Workbook_Open() Call SaveMe End Sub In Module: Sub SaveMe() ThisWorkbook.Save Application.OnTime Now + Timeserial(0,15,0),"SaveMe" ' Timeserial=(h,m,s) End Sub |
Available Row (next)
|
Range("a65536").End(xlUp).Offset(1, 0).Select
|
Call -
Running a subroutine |
Call Macro2 'This calls for Macro2 to run
within your Macro
|
Case Title
|
Dim cell As Range
For Each cell In Selection.Cells If cell.HasFormula = False Then cell = Application.Proper(cell) End If Next |
Case Upper / Lower
|
Dim cell As Range
For Each cell In Selection.Cells If cell.HasFormula = False Then cell = UCase(cell) End If Next |
Column Letters
|
Dim MyColumn As String, Here As String
Here = ActiveCell.Address MyColumn = Mid(Here, InStr(Here, "$") + 1, InStr(2, Here, "$") - 2) MsgBox MyColumn |
Counting Rows & Columns
|
myRows = Selection.Rows.Count
myColumns = Selection.Columns.Count MsgBox "Rows = " & myRows & vbCrLf & "Colums = " & myColumns |
Carriage Return
|
MsgBox "Line 1" & vbCrLf & "Line
2"
|
Copy Range (1)
|
Sheet1.Range("A1:C1").Copy
Destination:=Sheet2.Range("A1")
|
Copy Range (2)
|
Range("A1:B1").Copy
Range("A2").PasteSpecial Paste:=xlPasteValues Application.CutCopyMode = False |
Counter
|
Range("A1") = Range("A1") + 1
OR myCount = Range("a1") + 1 Range("a1") = myCount |
Current Date
|
Private Sub Workbook_BeforeSave(ByVal SaveAsUI As Boolean, Cancel As
Boolean)
Range("A1") = Now End Sub |
Delete Empty Rows
|
firstRow = Selection.Row
lastRow = Selection.Row + Selection.Rows.Count For rownumber = lastRow To firstRow Step -1 If Application.WorksheetFunction.CountA(Rows(rownumber)) = 0 _ Then Rows(rownumber).Delete Next rownumber |
Error Trapping
|
On Error Resume Next
OR Sub Name() On Error Goto ErrorHandler1 ... more lines of code Exit Sub ErrorHandler1: ... code specifying action on error End Sub |
File Name & Path
|
Range("A1") = Application.ActiveWorkbook.FullName
|
For, Next Loop
|
|
Goto (Code)
|
|
Input Box
|
Dim MyInput
MyInput = InputBox("Enter something") Range("A1") = MyInput |
If, Then Statement
|
If Range("B1") > 10 Then
Range("B2") = 10 ElseIf Range("B2") > 5 Then Range("B2") = 5 Else Range("B2") = 1 End If |
Joining Text
|
myCol = Selection.Columns.Count - 1
n = 0 For n = 0 To Selection.Rows.Count - 1 For i = 1 To myCol ActiveCell.Offset(n, 0) = ActiveCell.Offset(n, 0) & ActiveCell.Offset(n, i) ActiveCell.Offset(n, i) = "" Next i Next n |
Message Box
|
MsgBox "Created by: Your Name here"
MsgBox "Different Icon", vbInformation MsgBox "Different Icon And Title", vbExclamation, "Your warning message" |
Modeless Forms
|
UserForm.show vbModeless
|
Moving the Cursor
|
ActiveCell.Offset(1, 0).Select
|
Protecting / Unprotecting a sheet
|
'Protect
Dim Password Password = "xxxx" ActiveSheet.Protect Password, True, True, True 'Unprotect Password = "xxxx" ActiveSheet.Unprotect Password |
Random numbers
|
MyNumber = Int((10 - 1 + 1) * Rnd + 1)
Range("A1") = MyNumber |
Rounding Numbers
|
ActiveCell = Application.round(ActiveCell, 2)
|
Saving your Workbook
|
ActiveWorkbook.Save
|
ScreenUpdating
|
Application.ScreenUpdating = False / True
|
Select Case statement
|
Select Case Range("A1").Value
Case 100, 150 ' = 100 OR 150 Range("B1").Value = Range("A1").Value Case 200 To 300, 400 To 500 ' = Between 200 and 300 OR between 400 and 500 Range("B2").Value = Range("A1").Value Case Else Range("B1").Value = 0 End Select |
Select Data Range
|
Dim myLastRow As Long
Dim myLastColumn As Long Range("A1").Select On Error Resume Next myLastRow = Cells.Find("*", [A1], , , xlByRows, xlPrevious).Row myLastColumn = Cells.Find("*", [A1], , , xlByColumns, xlPrevious).Column myRange = "a1:" & Cells(myLastRow, myLastColumn).Address Range(myRange).Select |
Sheets Hiding
|
Sheet1.Visible = xlSheetVeryHidden
|
Text Edit
|
MsgBox Left("abcd",
2) 'Displays 2 characters from Left
MsgBox Right("abcd", 2) 'Displays 2 characters from Right MsgBox Len("abcd") 'Displays number of characters (Including space) |
Timer
|
Application.Wait Now + TimeValue("00:00:05")
MsgBox ("This was a 5 second delay") |
Time last save
|
MsgBox
Excel.Application.ThisWorkbook.BuiltinDocumentProperties("Last Save
Time")
|
vbYesNo
|
YesNo = MsgBox("This macro will ... Do you want to continue?",
vbYesNo + vbCritical, "Caution")
Select Case YesNo Case vbYes 'Insert your "Yes" code here. Case vbNo 'Insert your "No" code here. End Select |
No comments:
Post a Comment